Rabu, 05 Maret 2014

Perpustakaan Daerah Perlu Inovasi Minat Membaca



Palangka Raya, Rabu (5/3) Gerakan untuk gemar membaca adalah diantara cara yang tepat untuk menumbuhkan minat baca masyarakat, selain itu juga keberadaan buku-buku yang mudah diakses dan tersedia bisa di baca untuk menambah wawasan dan informasi bagi masyarakat di Kalimantan Tengah. Hal ini menjadi perhatian serius anggota DPRD Kalteng, Heru Hidayat, ST disela-sela tugasnya di Gedung Dewan. Menurut Heru, keberadaan perpustakaan adalah menjadi sangat penting untuk menggambarkan masyarakat pembelajar, sehingga akan menumbuhkan masyarakat yang berwawasan dan berilmu pengetahuan. Dengan demikian keberhasilan suatu daerah/wilayah sangat dipengaruhi kualitas sdm masyarakatnya ungkap Heru. Oleh karena itu menurut anggota DPRD Kalteng muda ini pihak Perpustakaan Daerah perlu meningkatkan inovasi baru dalam rangka menumbuhkan minat baca masyarakat dan melakukan model pelayanan yang aktif.

Merambah Kaum Muda
Membaca dari sebuah buku yang ringan namun berbobot bisa memberikan motivasi serta inspirasi bagi kalangan muda. Bahkan Heru berharapan koleksinya diperbanyak, bahkan perlu memupuk kreasi menulis kalangan anak-anak muda sehingga mereka mampu berkarya dalam bentuk buku. Selain itu pameran atau bazar buku perlu di tindak lanjuti dalam hal perbaikan. Heru yakin bahwa anak-anak muda Kalteng sangat berpotensi menghasilkan karya-karya berprestasi agar memudahkan dakwah kita

Pelayanan Yang Ramah
Menurut Heru, sebaiknya pelayanan di perpustakaan daerah Kalteng perlu mendapatkan pelatihan model pelayanan prima kepada mereka yang akan membaca, meminjam dan mengembalikan buku-buku koleksi perpustakaan, sebagaimana di beberapa perpustakaan termasuk di negara tetangga singapura, pelayanan perpustakaan dibuat sangat mengasyikan dan menyenangkan, bahkan para pembaca/peminjam buku di berikan berbagai informasi buku-buku koleksi baru, setiap yang membaca dapat mengikuti berbagai hadiah dengan pertanyaan sekitar buku. Berbeda yang dirasakan selama di perpustakaan daerah kalteng, ada yang sudah menerapkan pelayanan yang baik tetapi masih ada yang belum. Hal ini menurut Heru perlu pembinaan dan pelatihan secara internal untuk bisa memperbanyak minat masyarakat dalam membaca, dan meminjam koleksi buku-buku.

0 komentar:

Posting Komentar