Rabu, 21 Januari 2015

Politisi PKS di Forum Internasional Sebut Charlie Hebdo Jauh dari Etika Jurnalistik

Istanbul (20/1) – Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang juga Wakil Ketua Badan Kerjasama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI Rofi Munawar dalam Forum Parliamentary Union of OIC Member States (PUIC) menyebut Charlie Hebdo jauh dari etika jurnalistik. Demikian disampaikan Rofi di Istanbul, Selasa (20/1).

"Dalam karya jurnalistik ada etika dan nilai yang melekat, diantaranya penghormatan terhadap keyakinan orang lain. Apa yang dilakukan oleh Charlie Hebdo jauh dari nilai- nilai penghormatan dan etika jurnalistik yang baik. Ironisnya media seperti ini hadir dinegara yang menjungjung kebebasan," kata Rofi.

Dia menambahkan, penghinaan terhadap Nabi Muhammad seringkali terjadi di negara-negara Eropa dengan menggunakan media karikatur. Pada akhirnya hal ini sering memantik gelombang protes di banyak negara muslim dan menimbulkan jatuhnya korban jiwa.

"Charlie Hebdo harus menghargai keyakinan agama dengan cara yang benar, sesungguhnya penghinaan dan satirisme pada akhirnya hanya akan menumbuhkan kebencian yang berkepanjangan," ujar Rofi.

Pada forum ini, Rofi mengungkapkan, dalam forum ini beberapa komisi telah bersidang sejak Sabtu (16/1) hingga Senin (19/1) dan menghasilkan sejumlah resolusi. Komisi Politik dan Luar Negeri yang menghasilkan sedikitnya 25 resolusi menyikapi beragam isu terkait dunia Islam, terorisme, Palestina, kebebasan berekspresi, hingga respon terkini soal Charlie Hebdo. Di Komisi HAM, Perempuan dan Keluarga sedikitnya 10 resolusi terkait upaya negara OKI terkait HAM, penguatan peran perempuan, mencegah eksploitasi perempuan, penguatan posisi pemuda, hingga peran PUIC dalam hal mendukung kesehatan dasar menjadi keputusan dari para anggota komisi tersebut.

Dalam forum ini, delegasi Indonesia dipimpin Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah menghadiri rangkaian persidangan-persidangan komite PUIC dan juga Konferensi ke-10 PUIC yang akan dibuka pada Rabu (21/1). Para delegasi yang terdiri dari Meutia Hafidz (Wakil Ketua BKSAP), Rofi Munawar (Wakil Ketua BKSAP), Biem Triani Benyamin (Anggota BKSAP/F Gerindra) dan Prananda Surya Paloh (Anggota BKSAP/F Nasdem), mengikuti rangkaian persidangan komite dengan Indonesia sebagai anggotanya seperti di Komite Politik dan Hubungan Luar Negeri, Komite HAM, Perempuan dan Keluarga, maupun Konferensi ke-4 Anggota Parlemen Perempuan PUIC. Adapun konferensi tersebut berlasung dari tanggal 17 – 22 Januari 2015 di Instabul Turki.

Sumber: Foto: Twitter @FahriHamzah

0 komentar:

Posting Komentar