Senin, 12 Oktober 2015

Atasi Kebakaran, Libatkan Semua Pihak

Kepanduan PKS membantu proses pemadaman api
Palangka Raya, Senin (12/10) Ketua Umum PKS Kalteng, Heru Hidayat, ST menyampaikan bahwa dalam kondisi bencana kebakaran saat ini yang harus kita lakukan adalah kebersamaan semua pihak untuk turut serta andil dalam mengatasinya. Hal ini menurut Heru menjadi penting, karena partisipasi masyarakat jauh akan menjadi lebih efektif jika turut membantu dalam penanganan kebakaran saat ini bersama pemerintah dan berbagai pihak. 

Namun yang perlu dilakukan untuk jangka panjang adalah partisipasi masyarakat dalam upaya pencegahan bersama yang akan datang agar tidak terjadi kebakaran kembali. Namun demikian pemerintah sebaiknya memfasilitasi model partisipasi masyarakat tersebut agar bisa terkoordinasi secara baik pada tingkat pelaksanaan di lapangan. 

Meskipun demikian Heru memberikan apresiasi kepada semua pihak yang terus berupaya saling membantu proses pemadaman dengan berbagai peralatan yang ada. Seperti apa yang telah di lakukan oleh Pusat, BPBD Provinsi/Kabupaten/Kota, Tim Serbu Api (TSA) Swadaya masyarakat, lembaga masyarakat, NGO dan regu kepanduan PKS, untuk meminimalisir terjadinya kebakaran yang lebih luas maupun kabut asap yang lebih pekat. 
Kepanduan PKS membantu proses pemadaman api
Begitu pula upaya yang telah dilakukan oleh banyak kalangan yang turut serta membantu seperti pembagian masker kepada masyarakat adalah gerakan empati dan kepedulian kepada masyarakat yang terkena dampak dari asap berbahaya yang terjadi dalam beberapa bulan ini. Heru memberikan apresiasi kepada siapapun yang telah memlakukan upaya saling membantu dalam menghadapi bencana asap kebakaran ini baik kepada Dinas terkait, NGO, lembaga masyarakat, dan seluruh elemen masyarakat. Gerakan bersama ini sepatutnya terus digalakan agar bisa terus saling membantu dan peduli terhadap kondisi yang ada di Kalimantan Tengah ini ujar Heru.

Selain berusaha dengan berbagai upaya yang terus dilakukan dalam mengatasi bencana kebakaran tersebut maka kita juga diingatkan agar selalu berdoa, memohon kepada Allah Swt supaya bencana yang di hadapi masyarakat Kalimantan Tengah bisa segera teratasi dan kembali hidup normal seperti semula ungkap Heru

0 komentar:

Posting Komentar