Jumat, 27 November 2015

Mendatangi Lokasi Guru Bertugas


Ketua Umum PKS Kalteng, bersama pak Mulyadi guru dan kepala sekolah satu atap desa Kanarakan beserta siswa, Rabu (25/11)

Palangka Raya, Rabu (25/11) Ketua Umum Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kalimantan Tengah, Heru Hidayat, ST melakukan kunjungan khusus pada saat hari guru nasional yaitu dengan mendatangi lokasi guru bertugas di pelosok. Tepatnya mendatangi pak Mulyadi, guru yang telah bertugas selama 37 tahun di sekolah satu atap yang berada di desa Kanarakan. Untuk mencapai lokasi kita harus melakukan perjalanan darat dari Palangka Raya sekitar satu jam lebih menuju daerah Tangkiling dan melanjutkan dengan menggunakan klotok (transportasi sungai) untuk menyusuri sungai Rungan selama 1 jam 20 menit. 

Kami menggunakan klotok pak Amat demikian panggilan akrabnya, rutin beberapa hari sekali mengantar para guru yang bertugas di desa Kanarakan dan sekitarnya. Melalui jalur sungai berlawanan dengan arah aliran sungai sehingga perlu ke hati-hatian untuk memilih jalur yang aman untuk bisa sampai ke desa Kanarakan. Sesekali klotok yang di tumpangi harus kandas di tengah sungai karena ada gundukan pasir yang membuat dangkal sebagian sungai sehingga menahan laju klotok yang kami tumpangi. Bahkan kita bisa saksikan kegiatan warga penambang emas di sepanjang aliran sungai tersebut yang telah lama mereka lakukan. 

Sesampai di desa Kanarakan kita di sambut pihak guru dan anak-anak sekolah yang sejak pagi telah menunggu. Terlihat diantara yang hadir adalah guru yang cukup senior yaitu bapak Mulyadi, usia pak Mulyadi tidak muda lagi, namun semangat beliau untuk mengajar terus menggelora, tiga anaknya kini telah berkeluarga semua dan memiliki 9 cucu sehingga mereka memiliki rumah masing-masing. Saat ini pak Mulyadi hanya di temanin oleh seorang istri yang setia mendampinginya dalam menjalankan tugas mulia tersebut. 

Sesekali saya bercanda dengan beliau, "Pak Mulyadi ini masih terlihat muda pak, mungkin karena bapak selalu mesra berdua terus dengan istri", lantas pak Mulyadi tertawa dan akhirnya beliau mengajak duduk di bawah pohon yang rindang dan mulai bercerita mengenai tugas yang di emban menjadi guru dan kepala sekolah. Tidak terasa bagi beliau menjalankan tugas sebagai guru selama 37 Tahun dan akan memasuki masa pensiun tahun 2016 nanti, beliau berharap seluruh ilmu yang telah di berikan kepada para siswanya memberikan manfaat. 

Pada kesempatan tersebut, Ketua Umum PKS Kalteng, mengapresiasi pengabdian yang telah di jalani oleh pak Mulyadi sebagai guru dan kepala sekolah. Heru berharap akan banyak perhatian untuk para guru yang mendapat tugas di daerah pelosok maupun pedalaman. Karena menurut Heru kesediaan mereka bertugas di daerah pelosok menjadi tauladan bagi para guru dan juga masyarakat akan nilai perjuangan dan juga pengabdian yang sangat berarti bagi masyarakat di pelosok untuk menjadi lebih baik.

0 komentar:

Posting Komentar