Kamis, 24 Desember 2015

Membangun Tradisi Silaturahim

"Meski berbeda, tidak menyurutkan kita untuk terus menjalin silaturahim. Dan kita berharap bisa saling bekerjasama dalam hal yang di sepakati dan bertoleransi dalam hal yang berbeda" demikian ungkap Ketua Umum PKS Kalteng, Heru Hidayat. 
         Sejak di lantik sebagai Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) pada tanggal 4 Oktober 2015 lalu. Maka satu pekan pertama yang dilakukan oleh seluruh jajaran DPW PKS Kalteng adalah menyamakan paradigma amanah dan cara mengelola partai dakwah untuk menjadi lebih baik dan maju. Satu pekan berikutnya adalah membagi tugas dan kewenangan seluruh pengurus agar semua bisa bekerja secara fokus dan optimal namun tetap menjaga sinergitas kinerja DPW PKS Kalteng.
   Sebagai Ketua Umum PKS Kalteng, Heru Hidayat melakukan upaya penguatan dari berbagai potensi yang ada baik itu kader maupun masyarakat. Dan diantaranya adalah menghimpun saran, masukan, dan kerjasama sebagai energi positif dengan pola silaturahim. Menurut Heru, jika pola ini bisa kita lakukan secara terus menerus didukung dengan niat, cara, dan tindak lanjut secara baik maka akan menghasilkan banyak manfaat. Oleh karena itu, tiga pekan setelah di lantik sebagai pengurus DPW PKS Kalteng diantara program prioritas yang dilakukan adalah menjalin silaturahim dengan berbagai elemen masyarakat yang ada di Kalimantan Tengah. Diantaranya dengan partai politik seperti PDIP, Golkar, Demokrat, PAN, Nasdem, PPP, dll. Heru mengatakan bahwa sudah semestinya semua kita adalah sesama anak bangsa yang harus bersinergi dalam berbagai cita-cita luhur maupun harapan masa depan bersama di Kalimantan Tengah. Selain itu silaturahim di lakukan dengan ormas seperti NU, Muhammadiyah, HTI, PGI, Kaharingan, dll. Bahkan melakukan silaturahim dengan Pj. Gubernur, Danrem, dan tokoh masyarakat lainnya.
    Dengan memperkokoh kebersamaan membangun Kalimantan Tengah. Menurut Heru, jika PKS kelak menang di Kalteng, kami tidak bisa bekerja sendirian, kami harus bergandengan tangan dengan elemen lainnya, kami membutuhkan pihak lain untuk bisa bahu-membahu memajukan Kalimantan Tengah. Oleh karena itu tradisi silaturahim harus terus dilakukan meskipun ada perbedaan dalam pilihan ataupun kebijakan dalam setiap momentum ungkap Heru. Namun demikian dengan silaturahim kita bisa saling bekerjasama dalam berbagai hal yang bisa di sepakati bersama. Oleh karena itu modal untuk bisa menjaga silaturahim itu adalah niat dan upaya objektif melihat sisi yang bisa di ambil manfaat baiknya. Sehingga akan hadir upaya saling mengenal, membantu, mengingatkan dan memotivasi antara satu dengan lainnya ujar Heru. Lantas Heru menambahkan bahwa selain silaturahim yang di lakukan kepada pihak eksternal, Jajaran PKS Kalteng melakukan silaturahim kepada jajaran pengurus yang berada di Dewan Pengurus Daerah (DPD) yang tersebar di 14 Kabupaten/Kota dengan program "Sarasehan Kader, Struktur Mendengar". Menurut Heru sangat efektif untuk memberikan porsi yang cukup bagi para kader untuk menyampaikan saran, masukan dan kritik untuk kemajuan PKS dan kontribusi PKS bagi masyarakat.
      Selain itu menurut Ketua Umum PKS termuda ini, Jajaran DPW memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada seluruh kader dan juga para Murobbi/ah yang telah berjuang melakukan upaya pembinaan secara terus menerus. Untuk memudahkan komunikasi dan peran partisipasi aktif kader dalam tata kelola partai ini, secara khusus Ketua Umum memberikan akses langsung untuk mendapatkan masukan melalui pesan sms yang secara rutin dilakukan kepada para kader se-Kalimantan Tengah. Jadi menurut Heru, tradisi silaturahim itu harus terus di jaga untuk mendapatkan energi tambahan bagi tata kelola dan juga pengembangan PKS di Kalimantan Tengah. Dalam beberapa hari kemarin kita juga melakukan silaturahim kepada jajaran Komisi Informasi Provinsi Kalimantan Tengah, yang baru saja di lantik pada hari rabu (16/12).
     Dengan model silaturahim, Heru mengharapkan semua pihak bisa menjalin komunikasi dan silaturahim dalam menghadapi berbagai tugas dan terobosan yang harus dilakukan di Provinsi Kalimantan Tengah. Menurut Heru, Kalimantan Tengah harus bisa bersinergi, aman, damai, dalam berbagai kondisi termasuk saat ini menghadapi Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) yang tertunda. Saat ini semua kader, struktur DPD, DPW solid mendukungan nomor urut satu yaitu pasangan H. Sugianto Sabran-Habib Ismail sebagai calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah. Namun kita harus menghormati hasil keputusan MA dan KPU ungkap Heru. Sehingga Heru berharap dengan menjalankan tradisi silaturahim akan di dapat kebaikan dan kemanfaatan yang panjang dan berkah. Jadi dengan adanya perbedaan tidak menjadikan silaturahim terputus, harus terus terjalin dengan baik ungkap Heru.

0 komentar:

Posting Komentar