Senin, 04 Desember 2017

PKS Kalteng Mamangun Lewu


Partai Keadilan Sejahtera Kalimantan Tengah (DPW PKS Kalteng) melaksanakan kegiatan rutin tahunan Kemah Bakti Nusantara (Kembara). Giat tersebut merupakan kegiatan pendidikan dan pelatihan Kepanduan PKS yang dilaksanakan dalam bentuk perkemahan yang bernilai pengabdian kepada masyarakat, selain itu juga menjadi ajang peningkatan kualitas diri kader sebagai bekal dalam berkhidmat untuk rakyat. 

Heru Hidayat saat bersama masyarakat 
membersihkan desa

Kembara PKS tahun ini diikuti oleh seluruh DPD se-Kalteng dan 130 peserta dari berbagai macam latar belakang profesi, suku dan budaya. Bertempat di Desa Ujung Pandaran, Kecamatan Teluk Sampit, Kabupaten Kotim, Provinsi Kalimantan Tengah, dilaksanakan dari hari jum’at sampai ahad (1-3/12).

“Kembara adalah untuk memupuk, membangun kebersamaan, soliditas dan pelatihan terkait dengan siaga bencana. Kembara juga dalam rangka mempersiapkan yang terbaik untuk masyarakat. Lanjut Heru, PKS bersama masyarakat merupakan bagian dari khidmat itu sendiri” ujar Heru Hidayat, ST, ketua umum DPW PKS Kalteng dalam amanat apel pembukaan.

Kegiatan utama kader PKS Kalteng pada agenda Kembara adalah Sahabat Desa dengan mengusung tema “Mamangun Lewu” (red. Membangun Desa). Program ini bertujuan untuk mengajak seluruh elemen masyarakat lebih peduli kepada sesama, membudayakan gotong royong, cinta tanah air, membangun dan menjaga bersama kelestarian alam dan budaya yang ada serta untuk membangun Negeri yang dimulai dari unit terkecil yaitu Desa. Pada realisasinya kader PKS terjun langsung melakukan bakti sosial bersama masyarakat di Desa Ujung Pandaran. 

Bentuk khidmat tersebut mulai dari bertemu dan serap aspirasi, membersihkan pantai dan pemukiman warga, pembagian tong sampah roda ke seluruh perwakilan perangkat desa (ketua RT), memakmurkan Masjid dengan mengajarkan anak-anak mengaji, bimbingan belajar matematika dan sekaligus pembagian buku-buku edukasi yang dibutuhkan. 

Sebelumnya diketahui bahwa masyarakat Desa Ujung Pandaran akan direlokasi ke tempat berbeda karena lokasi yang saat ini mereka tinggali akan dijadikan tempat Wisata Pemerintah setempat.

Selain program-program di atas, kegiatan ini juga bervariasi, diantaranya penyampaian oleh instruktur DPP & DPW PKS tentang materi-materi praktis terkait siaga bencana, pola hidup sehat, kedisiplinan kader dan wawasan kebangsaan. 

Akhir dari kegiatan Kembara DPW PKS Kalteng 2017, penyerahan secara simbolis seragam Kembara PKS kepada salah satu warga, saling bersalaman dan penutupan dengan menyanyikan Indonesia Raya serta orasi oleh Heru Hidayat di hadapan seluruh peserta. 

"PKS Kalteng optimis meraih kemenangan politik sedikitnya 1 (satu) anggota DPR RI Dapil Kalteng, DPRD Provinsi beserta Fraksi dan DPRD Kabupaten/ Kota, tuturnya, disambut pekikan takbir serentak oleh peserta Kembara, (3/12).

0 komentar:

Posting Komentar