Jumat, 10 Agustus 2018

SEDIH HARUS KEMBALI


LOMBOK TIMUR, Jum'at (10/8) Kami sebagai tim awal dari Kalimantan Tengah sedih karena dalam situasi dan kondisi warga yang masih memerlukan bantuan pemulihan akibat gempa beberapa waktu lalu. Namun kami insya Allah sore ini harus meninggalkan Provinsi Nusa Tenggara Barat untuk kembali ke Kalimantan Tengah dan insya Allah akan dilanjutkan oleh tim berikutnya.

Kami mohon maaf apabila masih belum bisa terlibat banyak dalam proses memberikan bantuan, tetapi kami sadar bahwa memang memerlukan peran banyak pihak untuk kita bisa mempercepat proses pemulihan. Kami sangat berharap akan terus berdatangan berbagai pihak yang kiranya peduli dengan kondisi saudara kita di Provinsi Nusa Tenggara Barat yang terkena musibah gempa.

Dalam kesempatan selama empat hari, alhamdulillah banyak hal yang bisa kami pelajari dan juga terapkan diantaranya adalah, bisa berbagi cara penyiapan posko penampungan dan bantuan yang terkontrol dan mampu memetakan secara baik sehingga distribusi bantuan akan semakin tepat sasaran dan sesuai kebutuhan. Begitu juga manajemen relawan yang akan di tugaskan harus mengikuti SOP keamanan relawan dan juga warga yang terdampak. Penyikapan relawan ketika berhadapan dengan kondisi warga yang terdampak harus tetap memberikan layanan yang ramah dan bersahabat. Karena itu pengalaman kami di Tim yang berangkat di awal ini ketika turut menangani bencana yang ada di Aceh, Jawa Barat, Padang, dan Kalimantan Tengah serta telah mengikuti berbagi pelatihan penanganan kebencanaan.

Alhamdulillah di sela upaya memberikan bantuan kepada warga, kami bisa menjalin silaturahim dengan warga yang dulu pernah tinggal di Kalteng yang saat ini turut menjadi warga terdampak gempa di NTB, bersilaturahim dengan Tuan Guru Sai, Ketua NU Kabupaten Lombok Utara dan ada sahabat yang ada di Mataram dulu pernah ikut pelatihan bersama tingkat Nasional dan banyak yang bisa kita silaturahim. Semoga akan terus terjalin silaturahim dalam berbagai amal kebaikan. Aamiin YRA.

Sedih, namun ada harapan yang besar bagi kami adalah semoga akan semakin banyak pihak yang membantu dan semakin cepat penanganan pemulihan warga terdampak serta semoga Allah SWT melindungi kita semua dan membangkitkan kembali semangat warga di NTB untuk terus membangun masyarakat yang religius dan berkah.

0 komentar:

Posting Komentar