Rabu, 29 Agustus 2018

KECEPATAN KAPASITAS DAN KEKUASAAN (Membaca Trend Kepemimpinan Bagian 1)


Oleh : Heru Hidayat

ADA tugas bersama bagi kita agar model demokrasi bisa diterapkan dengan tetap memperhatikan kualitas, sehingga kecepatan memperoleh kekuasaan harus terus dibarengi dengan kecepatan kapasitas seseorang. Hal ini diperlukan agar ketika memperoleh kekuasaan bisa diimbangi dengan kemampuan kapasitas seseorang sehingga mampu menjalankan proses kekuasaan dengan baik. Tentu saja secara umum modelnya hampir sama antara kecepatan teknologi yang harus sebanding dengan kecepatan kemampuan masyarakat akan literasi dan kesadaran beragama, sehingga yang muncul adalah dampak positifnya dalam mengoptimalkan teknologi untuk kebaikan.

Trend Kepemimpinan yang akan datang setidaknya adalah kemampuan untuk bisa memberikan solusi secara prioritas, hal ini terkait kebutuhan dan tuntunan yang akan semakin besar sementara anggaran terbatas, oleh karena itu diantara kemampuan yang harus di miliki adalah pemetaan dan eksekusi secara teratur, terstruktur dan terukur. Berikutnya adalah kemampuan optimalisasi memberdayakan masyarakat ke arah kemandirian, kenapa hal ini di perlukan, karena akan banyak ide, gagasan, dan terobosan yang muncul oleh masyarakat terutama anak-anak muda yang kreatif sehingga perlu apresiasi dan pendampingan agar menjadi buah karya yang berdampak luas. Kemudian kemampuan mempersatukan, ada banyak beragam perbedaan di masyarakat dan semakin hari akan semakin meluas cakupan maupun aksesnya, oleh karena itu kemampuan mempersatukan ini menjadi bagian dari trend kebutuhan akan kepemimpinan. Jadi trend kepemimpinan yang akan datang diantaranya adalah :

Kemampuan memberikan solusi,
Kemampuan memberdayaan masyarakat
Kemampuan mempersatukan masyarakat

Agar tradisi menghadirkan berbagai alternatif solusi, ide memberdayakan masyarakat dan upaya mempersatukan masayarakat itu muncul sejak awal dari banyak pihak termasuk seseorang yang akan mencalonkan Presiden/Wakil Presiden/Kepala Daerah/dan lainnya. Karena faktanya kita perlu memperbanyak ide, gagasan, dan juga berbagai alternatif kreatif dan inovatif yang mampu membawa Bangsa ini terus maju, berdaya saing dan mampu berperan di tingkat Internasional. Karena itu kita patut mendorong agar siapapun calon yang akan bersaing sebaiknya bisa memberikan banyak ide dan gagasan pembangunan yang mampu di aplikasikan secara baik di masyarakat. 

0 komentar:

Posting Komentar