PKS Kalteng Cetak Ratusan Perempuan Tangguh dan Siaga Bencana


Upacara pembukaan LATANSA PKS Kalteng
 di Bumi Perkemahan Nyaru Menteng Palangkaraya

Palangkaraya- LATANSA merupakan sarana pembekalan dan penyiapan kader perempuan PKS yang siap siaga yang didukung penuh dan diresmikan oleh presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Mohamad Sohibul Iman.

LATANSA yang merupakan singkatan dari Latihan Perempuan Siaga menjadi salah satu kegiatan yang sangat di tunggu oleh kader perempuan PKS khusunya di Kalteng. Hal ini terlihat dari persiapan matang yang dilakukan jauh hari, semangat dan antusias. Peserta datang dari berbagai penjuru Kalimantan Tengah bahkan dalam kondisi hamil pun ikut dalam kepesertaan.

Dilaksanakan selama 2 hari 30-31 Maret 2018 di Bumi Perkemahan Nyaru Menteng kota Palangka Raya. Kegiatan ini sedikitnya dihadiri oleh ratusan orang dari berbagai daerah di Kalteng: Pangkalan Bun, Sukamara, Seruyan, Sampit, Kapuas, Murung Raya, Katingan, Lamandau, Pulang Pisau, Gunung Mas dan Buntok.

Dibuka secara resmi oleh ketua DPW PKS Heru Hidayat dalam apel pembukaan. 

Ketua DPW PKS Kalteng saat memberikan pidato di upacara pembukaan LATANSA

Heru berpesan kepada kader perempuan untuk tetap semangat dalam kebaikan dan senantiasa membekali diri dengan berbagai keterampilan. 

"Beberapa diantaranya akan banyak didapatkan dalam kegiatan LATANSA ini. InsyaAllah semua bekal sebagai kader perempuan akan didapatkan pada kegiatan ini baik ruhiyah, fikriyah dan jasadiyah, "ujar Heru bersemangat. 

"Semua itu menjadi bekal wajib bagi setiap kader perempuan agar mampu mengambil peran dan memberikan manfaat sebesar-besarnya keluarga, masyarakat dan bangsa," lanjut Heru

Kegiatan ini semua peserta mendapatkan pelatihan bagaimana melakukan Pertolongan Pertama pada Musibah dan menerapkan pola hidup sehat yang disampaikan oleh Dokter dan pemateri yg berkompeten di bidangnya. 

Mendapatkan pelatihan  memandikan jenazah, Mitigasi Bencana seperti banjir dan menangani kejadian kebakaran di rumah yang di sampaikan langsung oleh ketua BKO (Bidang Kepemudaan dan Olahraga) Joko Mulyono. Tidak lupa bekalan jasadiyah seperti kegiatan fisik dan olah raga.

Selain itu juga peserta mendapatkan materi tentang siaga IT (Information Technology) yang diisi oleh Yeni Ketua Bidang Humas DPW PKS Kalteng. Dalam kesempatan ini para kader diingatkan untuk bijak dalam bermedia sosial, sehingga kader tidak menyebarkan berita hoax yang begitu cepat menyebar di masyarakat melalui medsos.

Dalam pelatihan ini juga tidak lupa taujih penyemangat tentang peran perempuan  dalam Islam dan peradapan dari Ust. Amanto surya Langka, Lc.

Dan juga mendapatkan bekalan ruhiyah dengan target tilawah minimal 2 juz dan hafalan Quran selama kegiatan.

Pada kegiatan ini berkesempatan hadir pula staff Santika dari DPP PKS, memberikan arahan bagaimana peran perempuan dan kontribusinya terhadap partai, bagaimana kader perempuan harus terus senantiasa mengasah dan membekali diri dengan berbagai keterampilan untuk menjadi  batu bata dalam bangunan peradapan bangsa.

Ditutup dengan upacara penutupan penuh khidmat yang dikomandani oleh Elin Ismanyanti, S.Pd selaku Ketua Bidang Perempuan dan Ketahanan Keluarga PKS Kalteng. Dibawah guyuran hujan lebat peserta tidak bergeming untuk berteduh tetap berdiri tegak hingga upacara selesai. 

Dalam upacara penutupan juga dilakukan penyematan slayer kepada perwakilan peserta oleh  Staff Santika DPP PKS Qin Gin Yoga. 

Qin Gin menyatakan bahwa Semua peserta LATANSA Dasar dinyatakan Lulus.

Qin Gin berharap dengan kegiatan ini para kader menjadi terampil dan siap siaga dalam kondisi apapun dan semoga militansi kader, tercapai.

Penutupan upacara LATANSA diakhiri dengan penyerahan bantuan PKS Kalteng berupa alat-alat bersih ke pengurus mesjid Bumi Perkemahan Nyaru Menteng Palangkara yang diserahkan oleh Bendahara DPD PKS Palangkaraya Radin. 

Bendahara DPD PKS Palangkaraya 
menyerahkan bantuan ke pengurus mesjid 
Bumi Perkemahan Nyaru Menteng Palangkaraya

Salam-salam-an tanda akhir acara LATANSA antara peserta dengan panitia pelaksana. Harapan semua peserta,  menanti dan ingin mengikuti Latansa tahapan lanjutan berikutnya. (mg/ym)

Posting Komentar

0 Komentar