Sohibul Iman: Parpol Berfungsi Dengan Baik, Indonesia Jadi Hebat

Presiden PKS Mohamad Sohibul Iman dalam pidato politiknya dihadapan empat ribuan kader inti Kabupaten Bogor (22/8)  di Ciawi mengingatkan agar kader dan segenap anak bangsa kembali menengok minimal 4 fungsi Partai Politik. Jika Partai menjalankan fungsinya dengan baik insya Allah Indonesia akan menjadi negara hebat.

Kang Iman (panggilan akrab Mohamad Sohibul Iman) menjelaskan diantara sejumlah fungsi partai, empat diantaranya adalah : Pertama, fungsi agregasi ideologi.
Bahwa kehadiran partai politik tidak bisa lepas dari ideologi yang dibawa nya. Berbagai pemikiran yang ada dalam partai politik dirumuskan dalam satu ideologi yang utuh. Ideologi partai itulah yang dipegang teguh dan menjadi orientasi seluruh aktivisnya. Partai ini hadir karena membawa ideologi besar yang sudah jelas. 

Partai sebagai institusi politik yang lahir dari rahim republik ini tidak menafikan ideologi bangsa besar ini yaitu Pancasila. Bahwa seluruh partai harus menjadikan Pancasila sebagai ideologi bangsa dan negara ini dan menjadikanya sebagai rujukan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. PKS memiliki ideologi partai yang jelas dengan basis Islam yang jelas untuk memberi manfaat bagi seluruh anak bangsa, dalam literatur politik islam disebut rahmatam lil 'alamiin (menjadi rahmat bagi seluruh alam).Semua partai akan memperjuangkan ideologinya yang tidak bertentangan dengan Pancasila. " Dengan menjalankan dan mewujudkan ideologi bangsa dan partai ini, insya Allah kita bisa menjadi kontributor bagi perbaikan bangsa ini" demikian kang Iman disela sela menjawab pertanyaan wartawan.

Kedua, fungsi pendidikan politik. Fungsi ini meniscayakan bahwa partai politik harus mampu menjadikan dirinya sebagai agen penting untuk mendidik warga negara menjadi baik. Ada semacam pendidikan kewarganegaraan untuk turut menjadikan warga negara menjadi baik. Bayangkan jika partai menjalankan fungsi ini maka kedepan Indonesia menjadi bangsa yang civilized.

Ketiga,fungsi advokasi kepentingan rakyat. Fungsi ini meniscayakan bahwa Partai politik harus mendengar aspirasi rakyat dan memperjuangkanya. "Nahnu min hum, nahnu ma'ahum wa nahnu lahum, kami dari mereka (rakyat), kami bersama mereka (rakyat) dan kami bekerja untuk mereka (rakyat) " demikian kang Iman menegaskan pentingnya berjuang bersama rakyat. Jika Partai ini menjalankan fungsi ini maka keberadaan partai akan dengan mudah diterima rakyat dan didukungnya.

Keempat, fungsi candradimuka pemimpin bangsa. Pada fungsi ini maka dalam partai politiklah disiapkan calon-calon pemimpin bangsa. Dalam partai politiklah dilahirkan pemimpin unggul dari tingkat lokal, nasional maupun pemimpin dunia, sehingga negeri ini sesungguhnya tidak akan kekurangan stok pemimpin. "Partai di Rusia dan Tiongkok jauh-jauh hari sudah menyiapkan pengganti pemimpin mereka secara sistemik, kita harusnya jauh lebih bisa" ujar kang Iman.

"Dapat dibayangkan jika partai politik di Indonesia menjalankan fungsinya dengan benar minimal empat fungsi tersebut, maka Indonesia bisa menjadi negara hebat, dan PKS sejatinya harus siap menjalankan empat fungsi tersebut dengan benar" demikian kang Iman.

Posting Komentar

0 Komentar