PKS Usulkan Penurunan Harga BBM dalam Kebijakan Ekonomi Tahap III

BANDARLAMPUNG (5/10) - Perekonomian nasional saat ini dalam kondisi lemah. Daya beli masyarakat terus menurun. Banyak faktor yang menyebabkan hal itu terjadi, diantaranya fundamental ekonomi nasional dan pengaruh ketidakstabilan ekonomi dunia.

Presiden PKS Mohamad Sohibul Iman  menjelaskan ada dua pendekatan yang dapat dilakukan pemerintah untuk meningkatkan daya beli masyarakat, yaitu cash transfer atau bantuan langsung kepada masyarakat dan penurunan harga BBM.

Sohibul mendesak agar pemerintah bisa menurunkan harga BBM  pada paket kebijakan ekonomi ketiga.

"Pada paket kebijakan ekonomi ketiga yang akan diumumkan presiden nanti, penurunan harga BBM bisa menjadi salah satu kebijakan yang dilakukan pemerintah," ujar Sohibul Iman dalam Pembukaan Musyawarah Wilayah (Musywil) ke-4 DPW PKS Lampung, Ahad (4/10/2015).

Sohibul Iman menjelaskan, rendahnya daya beli diakibatkan oleh kenaikan harga barang-barang kebutuhan pokok setelah kenaikan harga BBM beberapa waktu lalu.

Ia menyebut berdasarkan kalkulasi yang dilakukan Lembaga Penyelidikan Masyarakat Universitas Indonesia (LPM UI), penurunan harga BBM sebesar 5 persen akan meningkatkan daya beli 5000 masyarakat miskin. "Jika bisa kita turunkan 10 persen maka akan semakin banyak rakyat yang terbantu," ujar dia.

Posting Komentar

0 Komentar