Diskusi Santai Humas Kalteng

           Palangka Raya, Senin (23/11) Bidang Hubungan Masyarakat (Humas) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kalimantan Tengah mengadakan diskusi rutin bersama Ketua Umum PKS Kalteng di halaman kantor PKS Kalteng kemarin malam. Hal ini di sampaikan oleh Ketua bidang Humas PKS Kalteng, Yeni S Manalu, ST di sela-sela diskusi. Menurut Yeni, peran Humas sangat penting dalam sebuah partai politik karena akan menjadi sarana komunikasi dengan masyarakat apa dan bagaimana PKS berperan dan berkiprah dalam program maupun kegiatannya. 


              Pada kesempatan tersebut bidang Humas menghadirkan stafnya yaitu Elias Ilyas dan Murjani untuk bisa berdiskusi secara aktif mengenai peran dan kiprah Humas dalam partai dakwah ini. Sementara itu kehadiran Ketua DPW PKS, Heru Hidayat sangat di nantikan karena akan memberikan motivasi bagi pelaku Humas, dalam pengantarnya Heru menyampaikan tiga hal penting bagi Humas untuk bisa berperan secara optimal, pertama adalah kemampuan public speaking setiap pelaku Humas, karena akan menjadi penyambung hubungan komunikasi dengan banyak orang, banyak karakter, banyak profesi yang ada di masyarakat sehingga kemampuan berbicara, mempengaruhi dan juga mengarahkan banyak pihak untuk turut serta dalam agenda dakwah adalah keniscayaan. Selain itu dengan kemampuan public speaking akan memudahkan orang mendapatkan informasi secara jelas dan komunikatif apa dan bagaimana partai dakwah itu bekerja dan tumbuh. 

                Kedua yaitu kemampuan untuk bisa secara aktif memproduksi informasi berita secara terus menerus. Hal ini memiliki peran penting sehingga semua informasi harus di dukung oleh bahan ataupun momen yang menarik agar bisa di tuangkan dalam bentuk tulisan berita yang bisa kita bagikan kepada semua pihak. Jadi menurut Heru saat ini yang kita butuhkan adalah bagaimana kemampuan personil Humas mampu membuat informasi yang valid, dan layak untuk bisa di muat di berbagai media. 


                Bahkan dalam kesempatan tersebut Heru menyampaikan bahwa struktur akan membantu kebutuhan Humas untuk bisa optimal dalam berkerja. Oleh karena itu menurut Heru jika ini terus di lakukan oleh Humas dan semua kader maka kita berharap peran semua kader dalam menyuplai informasi lapangan akan semakin banyak dan berkualitas. Sementara menurut ayah dari empat orang anak ini, banyak potensi informasi yang berasal dari internal kita, kegiatan Ketua Umum, bidang-bidang, struktur DPD, para anggota legislatif dan kegiatan para kader yang ada di lingkungannya masing-masing. 



             Yang ketiga adalah kemampuan mendokumentasikan setiap kesempatan yang di lakukan agar memiliki bahan informai, baik itu cara mengemas kegiatan, pengambilan foto, sampai penulisan informasi berita untuk kemudian di kirim ke berbagai media. Jika semua ini kita lakukan secara bertahap dan berkesinambungan maka akan menjadi kebiasaan yang melekat dalam diri pelaku Humas maupun para kader di PKS. Karena yang dibentuk adalah kepekaan pada setiap momen untuk bisa menjadi berita yang dapat meningkatkan ketertarikan masyarakat terhadap PKS. 

                Menurut Ketua Umum termuda ini, PKS di Kalimantan Tengah harus dekat dan bersahabat dengan masyarakat, karena dengan upaya tersebut kita akan banyak bersinergi dengan berbagai pihak dan kita akan terbantu. Kita saksikan sendiri pada saat bencana asap kemarin, ada beberapa orang yang semula tidak menyukai PKS bahkan sangat antipati, namun mereka melihat kerja nyata kita, mereka menyaksikan kader PKS terus dekat dengan masyarakat, hadir pada saat di butuhkan masyarakat. Nyatanya mereka yang selama ini antipati tersebut berubah menjadi bagian dari kita dalam kegiatan sosial, mereka turut andil pendanaan dalam kegiatan kita. Jadi kini saatnya kita turut melakukan berbagai kegiatan berkhidmat bersama masyarakat. insya Allah akan membawa nilai positif, keberkahan dari Allah SWT ungkap Heru.

Posting Komentar

0 Komentar