RELAWAN PKS KALTENG PADAMKAN KEBAKARAN LAHAN

Heru Hidayat bersama relawan sedang memadamkan kebakaran lahan gambut

PALANGKA RAYA - Kebakaran lahan dan hutan (Karlahut) beberapa bulan belakangan tak hanya mendapat perhatian serius dari kalangan aktivis lingkungan hidup atau lembaga. Tetapi para aktivis partai politik (parpol) yang tergabung dalam Relawan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kalteng juga ikut peduli.

Bahkan Ketua DPW PKS Kalteng, Heru Hidayat dan sejumlah kader terlibat langsung dalam pemadaman lahan dan hutan di wilayah Kota Palangka Raya. “Dalam kondisi bencana kebakaran lahan atau hutan saat ini yang harus kita lakukan adalah kebersamaan semua pihak untuk turut serta dalam mengatasinya,” kata Ketua Umum DPW PKS Kalteng, Heru Hidayat kepada media, Minggu (20/8).

Hal ini, menurut Heru, menjadi penting karena partisipasi semua pihak dan masyarakat jauh akan menjadi lebih efektif. Terutama dengan terlibat langsung membantu dalam penanganan kebakaran bersama pemerintah dan berbagai pihak. Menurut dia, yang perlu dilakukan untuk jangka panjang adalah partisipasi masyarakat dalam upaya pencegahan bersama dan juga elemen lainnya. Sehingga di masa datang tidak lagi terjadi kebakaran yang sama.

Pemerintah, ujar dia, sebaiknya memfasilitasi model partisipasi masyarakat tersebut agar bisa terkoordinasi secara baik pada tingkat pelaksanaan di lapangan.
Heru memberikan apresiasi kepada semua pihak yang terus berupaya saling membantu proses pemadaman dengan berbagai peralatan yang ada.

Seperti yang telah dilakukan pemerintah pusat, BPBD provinsi/kabupaten/kota, tim serbu api (TSA) swadaya masyarakat, lembaga masyarakat, NGO dan Relawan PKS, untuk meminimalisir terjadinya kebakaran yang lebih luas maupun kabut asap yang lebih pekat.

Begitu pula upaya yang telah dilakukan banyak kalangan yang turut serta membantu seperti pembagian masker kepada masyarakat. “Semuanya itu  adalah gerakan empati dan kepedulian kepada masyarakat yang terkena dampak dari asap berbahaya yang terjadi dalam beberapa bulan ini,” ungkap Heru mantan anggota DPRD Kalteng ini.

Heru memberikan apresiasi kepada siapa pun yang telah melakukan upaya saling membantu dalam menghadapi bencana asap kebakaran ini baik kepada dinas terkait, NGO, lembaga masyarakat, dan seluruh elemen masyarakat. “Gerakan bersama ini sepatutnya terus digalakan agar bisa terus saling membantu dan peduli terhadap kondisi yang ada di Kalimantan Tengah ini,” ujar Heru.

Ditambahkannya, selain berusaha dengan berbagai cara yang terus dilakukan dalam mengatasi bencana kebakaran tersebut, perlu juga diimbangi dengan doa dan sholat istisqo (memohon hujan) kepada Allah SWT supaya bencana yang dihadapi masyarakat Kalteng bisa segera teratasi dan kembali hidup normal seperti semula.

Apresiasi juga kepada TNI dan Polri yang turut serta membantu dalam upaya pemadaman kebakaran lahan/hutan.

Posting Komentar

0 Komentar